Mengapa Banyak Orang Gagal Menjadi Agen Asuransi?

agen

Agen asuransi memiliki peluang besar untuk menjadi seorang jutawan bahkan miliarder. Dikatakan demikian karena penghasilan yang didapat tidak terbatas, bisa jutaan bahkan puluhan juta rupiah per bulannya. Penghasilan tersebut didapat bukan dari gaji pokok, melainkan dari banyaknya penjualan yang terjadi dari hasil kerja keras. Namun, mewujudkan hal tersebut tentu tidak mudah. Hanya segelintir agen asuransi yang berhasil mewujudkan impian dan sisanya mengalami kegagalan. Mengapa demikian? Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui jawabannya:

Tidak punya keterampilan

Untuk memperoleh penghasilan, agen asuransi harus memiliki keterampilan untuk menarik dan meyakinkan orang lain (mulai dari orang terdekat hingga yang tidak dikenal). Perusahaan asuransi memang tidak tidak menuntut agennya harus memiliki keahlian tertentu karena akan ada program training sebelum mulai memasarkan. Kendatipun demikian, agen asuransi mesti terus mengasah kemampuan berkomunikasi dan presentasi. Terang saja, tanpa adanya keterampilan atau cara baik dalam berjualan akan sulit memperoleh nasabah. Misal, menjelaskan dengan tersendat-sendat karena gugup tentunya calon nasabah sulit untuk memberikan kepercayaan. Mereka yang tidak mau belajar dan gampang menyerah rentan mengalami kegagalan.

Tidak tahan terhadap cemoohan

Perlu Anda ketahui, melakoni profesi ini harus memiliki mental yang kuat karenaakan menemui banyak orang yang tentunya memiliki karakter berbeda-beda. Seorang agen asuransi kerap kali mendapat kritikan yang tidak bijak dari calon nasabah, entah itu mencemoohkan produk yang dijual ataupun profesi sebagai agen asuransi. Bahkan, tidak hanya satu atau dua orang yang memberikan kritik tersebut. Cemoohaan tak hanya datang dari calon nasabah, tetapi juga dari kerabat yang menganggap rendah profesi sebagai agen asuransi. Apalagi kalau Anda lulusan universitas ternama atau dari jurusan yang tidak berkaitan. Seseorang yang tidak tahan terhadap cemoohan tersebut relatif akan mudah menyerah sehingga impian untuk menjadi seorang agen asuransi yang sukses akan gagal.

Tidak menguasai ilmu tentang asuransi

Untuk memperkenalkan produk asuransi ke calon nasabah, agen asuransi harus memiliki pengetahuan yang mumpuni seputar produk asuransi. Bagaimana mungkin bisa menarik calon nasabah bila tidak tahu tentang detail asuransi yang ia tawarkan termasuk jenis tanggungan dan prosedur klaim. Di samping itu, agen asuransi juga sebaiknya menguasai segala sesuatu tentang premi asuransi, khususnya metode pembayarannya. Tiap-tiap nasabah mungkin memiliki latar belakang ekonomi dan kebutuhan yang berbeda. Tugas agen asuransi di sini adalah membantu merencanakan keuangan agar bisa lancar bayar premi sesuai income nasabah

Profesi sebagai agen asuransi memang sangat menarik perhatian banyak orang untuk menggelutinya salah satunya karena penghasilan yang cukup menggiurkan. Terlebih lagi telah banyak kandidat yang membuktikan keberhasilannya dalam menjadi seorang agen asuransi yang sukses, salah satunya Merry Riana. Namun, tanpa adanya bakat yang mendalam dari profesi tersebut tetap akan sulit untuk digapai.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *